Translate

15 Contoh Surat Cerai Talak 1, 2 dan 3, Cara, Syarat, Prosedur



Perceraian adalah hal yang tidak diinginkan bagi setiap pasangan. Tetapi terkadang mau tidak mau kita harus bercerai karena hal yang menurut kita sudah melampaui batas toleransi. Oleh karena itu disini kami akan memberikan beberapa contoh surat cerai yang benar dan bisa kamu modifikasi sesuai dengan kebutuhanmu.

Ada beberapa point penting dalam pembuatan surat cerai


1. Nama surat atau judul surat tersebut
Seperti kebanyakan surat pernyataan sejenis bahwa perlu adanya judul surat. Hal ini untuk menandakan bahwa surat tersebut adalah formal dan niat untuk dilakukan.

2. Identitas pertama (yang menceraikan / yang membuat surat)
Tahapan kedua adalah pastikan jika kamu yang meminta cerai maka nama kamu paling atas. Ini menandakan bahwa kamulah pemilik inisiatif perceraian. Didalamnya sebaiknya terdapa Nama Lengkap, Tempat Tanggal Lahir, Alamat dll.

3. Identitas kedua (pihak yang diceraikan)
Pada tahapan ini digunakan bukti pernyataan bahwa pihak kedua dilakukan penggugatan perceraian. Isinya sama dengan identitas pertama.

4. Isi surat dan ikrar dalam surat.
Pada bagian ini berisikan isi surat dan ikrar perceraian dalam surat tersebut. Isinya biasanya berupa kalimat pembuka, pernyataan menceraikan, tanggal diceraikan.

5. Penutup
Surat penutup seperti surat pernyataan lainnya.

6. Tanda Tangan dan Nama Kedua Belah Pihak

7. Tanda tangan saksi atau pernyataan saksi. Pastikan saksi sesuai dibawah dengan Identitas Pertama atau Kedua

Contoh surat pernyantaan Cerai


Surat Pernyataan Cerai

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Pihak I
Nama        : Ahmad Zainudi Bin Umar
TTL          : Subang, 01-01-1986
Umur        : 33 tahun
Agama      : Islam
Pekerjaan  : Karyawan Swasta
Alamat      : Jalan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat 
Dalam hal ini akan disebut sebagai Pihak I yang meminta cerai.
Pihak II
Nama        : Maimunah Sakinah binti Sujatmiko
TTL          : Bogor, 01-01-1990
Umur        : 29 tahun
Agama      : Islam
Pekerjaan  : Karyawan Swasta
Alamat      : Jalan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat
Dalam hal ini disebut Pihak II yang memberi cerai.
Pada hari ini Kamis, 14 Maret 2019 menyatakana dengan sebenar - benarnya dihadapan para saksi bahwa kami telah sepakat untuk bercerai dalam hidup berumah tangga yang selama ini dijalani. Keputusan tersebut diputuskan atas dasar kemauan kami berdua tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun.
Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sebenar-benarnya secara sadar dan dalam keadaan sehat baik jasmani ataupun rohani.
Jakarta, 14 Maret 2019
Pihak I                                                Pihak II 
Materai 6000                                    
Ahmad Zainudin Bin Umar            Maimunah Sakinah binti Sujatmiko
Saksi Pihak I                                     Saksi Pihak II
Nama saksi I                                      Nama Saksi I
Semua hal diatas sudah bukti kamu memiliki surat cerai yang sudah bisa dibilang sah. Namun untuk sah secara hukum maka kamu harus lanjutkan ke KUA untuk mendapatkan surat cerai sah secara hukum indonesia. Jika kamu tidak melanjutkan ke KUA maka pernikahanmu nantinya tidak bisa dilakukan resmi secara pemerintahan karena kamu belum memiliki surat cerai resmi dari negara.

Contoh Surat Cerai Standart


Contoh surat cerai sederhana ini seperti yang awal kita bikin yaitu dimana bentuknya adalah sesuai dengan kesepakatan bersama. Dalam hal ini kamu bisa sedikit custom jika kamu rasa hal tersebut memang diperlukan.

Contoh surat Cerai Kekeluargaan di Pengadilan



Ini adalah contoh surat cerai dipengadilan. Surat cerai ini sifatnya resmi dan memerlukan beberapa kali proses hukum. Biasanya menghabiskan waktu 3x pertemuan dan totalnya sekitar 1bulan lebih sedikit.

Contoh Surat Pengajuan Cerai ke Pengadilan Agama



Ini adalah salah satu cara pengajuan gugagatan ke pengadilan agama. Ini semua pada dasarnya tidak harus seribet ini karena kamu bisa datang langsung ke pengadilan agama untuk mendapatkan form tersebut ataupun berkonsultasi terlebih dahulu dengan yang berpengalaman.

Contoh Surat Cerai diketahui Oleh RT / RW atau Pejabat Setempat



Jenis surat cerai ini sebagai bukti sudah diketahui oleh pejabat RT RW ataupun kepala desa setempat. Jenis cerai ini sama seperti yang standar tetapi ini lebih punya bukti dari pejabat hukum. Untuk pernyataan cerai resmi dari pemerintahan maka kamu tetap perlu ke kantor urusan agama.

Contoh surat talak 1, 2 dan 3.



Ini adalah contoh ikrar talak yang bisa kamu sebutkan jumlah talak yang akan kamu sampaikan. Tentu ini sama seperti yang atas namun contoh ini buat kamu yang tidak paham dalam tata bahasa pengetikan. Pada dasarnya kamu tinggal ubah sesuai dengan kebutuhanmu.

Cara dan tahapan membuat surat cerai resmi di sidang.

Pastikan semua surat - surat yang kamu miliki sudah lengkap seperti KTP, Buku Nikah, jika memiliki advokat maka pakai advokat. Datang dulu ke kantor KUA terdekat dan konsultasi terlebih dahulu. Nanti akan diberikan beberapa berkas yang perlu kamu lengkapi.

Setelah itu kamu bisa mendapatkan beberapa informasi detail yang dibutuhkan seperti KK, Akta Kelahiran Anak dan sebagainya. Proses ini akan memakan banyak waktu dan biaya. Tentu tujuannya supaya anda tidak segera bercerai karena masih ada proses mediasi yang dibutuhkan.

Setelah semua proses diatas lengkap maka nanti kamu akan diberikan kartu / surat cerai resmi dari kantor urusan agam setempat. Tentu kamu bisa melanjutkan hidup setelah mendapatkan surat tersebut.






0 Response to "15 Contoh Surat Cerai Talak 1, 2 dan 3, Cara, Syarat, Prosedur"

Posting Komentar

Kirimkan komentar Anda tentang artikel diatas.
Peringatan : Maaf, Komentar yang semata-mata dibuat hanya bertujuan untuk promosi dll akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel