7 Makanan Pantangan Penderita Asam Urat Wajib Dihindari dan Cara Mencegahnya

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang terjadi karena adanya penumpukan kristal purin pada persendian. Pada saat ini penyakit asam urat tidak hanya menyerang orang yang sudah tua saja, namun anak muda pun juga berpotensi bisa terkena asam urat.
Gejala asam urat yang akan dirasakan tentunya sangat menyakitkan dan mengganggu kita dalam beraktivitas. Penyakit ini dapat membuat kaku, linu, nyeri serta terasa panas di bagian lutut, pergelangan kaki, jari tangan dan kaki, siku, serta pergelangan tangan. Untuk itu ada beberapa pantangan asam urat yang biasanya berupa makanan yang harus dihindari.
Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai makanan pantangan penderita asam urat yang wajib dihindari. Mari simak ulasannya pada pembahasan berikut ini.
Makanan Pantangan Penderita Asam Urat
Berikut beberapa makanan pantangan yang harus dan wajib dihindari oleh penderita asam urat agar penyakit asam urat yang diderita tidak bertambah parah.
Makanan Pantangan Penderita Asam Urat

·         Melinjo atau Emping
Melinjo atau olahan makanan dari bahan tersebut yang dapat berupa emping sangat tidak dianjurkan bagi penderita asam urat. Bagi wanita yang telah menopause atau manula jangan biasakan terlalu banyak memakan makanan yang menjadi Pantangan asam urat ini, karena efeknya akan sangat menyakitkan dibalik rasa gurih makanan tersebut. Tapi bagi kebanyakan orang yang telah memahami hal ini, akan berpikir ulang untuk mengonsumsinya dalam kuantitas yang banyak.

·         Sea Food
Makanan jenis sea food juga harus dihindari bagi penderita kambuhan. Kandungan purin yang tinggi jelas mempengaruhi kadar asam urat dalam tubuh. Contoh dari makanan jenis ini yang harus diwaspadai adalah kepiting, kerang, udang, dan jenis lain yang menjadi Pantangan asam urat terutama biota laut yang mengandung banyak zat kitin dalam tubuhnya. Untuk menggantinya Anda dapat mengonsumsi ikan air tawar yang tidak kalah lezatnya. Namun, Anda juga tidak boleh terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan ini.

·         Makanan Kaleng
Mengapa makanan kaleng dapat dikategorikan sebagai Pantangan asam urat? Untuk  jenis buah kaleng apakah juga disarankan untuk dihindari? Sebenarnya yang menjadi permasalahan bukanlah makanan apa yang ada di dalam kaleng pembungkus makanan tersebut, namun lebih pada kemasan kaleng itu sendiri. Kandungan zat kimia yang terdapat pada bahan tersebut sangatlah berbahaya bagi kesehatan disamping memicu kenaikan kadar asam urat.

·         Daging kambing
Daging kambing termasuk dalam jenis Pantangan asam urat, karena daging merah dari jenis ini juga mengandung banyak purin pemicu pengapuran pada manula maupun orang dewasa berusia diatas 40 tahun. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan ini dapat menyebabkan hipertensi, penyakit jantung dan juga stroke. Mungkin bagi penderita darah rendah dapat menjadi alternatif penyembuhan, namun bagi penderita darah tinggi disarankan untuk tidak mengonsumsi dalam jumlah yang banyak.

·         Kacang-kacangan
Kacang mengandung banyak vitamin, mineral, dan juga serat yang baik bagi kesehatan, namun dapat dikategorikan sebagai Pantangan asam urat. Oleh karena itu, jika Anda memiliki asam urat, alangkah baiknya jika Anda mengurangi konsumsi makanan yang berbahan kacang-kacangan.

Alangkah baiknya lagi jika Anda menghindari untuk mengonsumsi makanan tersebut. Makanan olahan dari jenis kacang-kacangan yang harus dikurangi konsumsinya diantaranya adalah tempe, tauco, oncom, dan juga susu kedelai. Meski makanan terebut enak dan lezat, tapi kesehatan jauh lebih penting, bukan?
Sebenarnya makanan diatas tidak perlu dihindari, karena sebagian baik juga untuk kesehatan dan mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Cukup dengan mengatur pola makan dan mengurangi konsumsi makanan diatas atau membatasi supaya tidak berlebihan memakannya.
Disamping itu pola hidup yang sehat lebih berpengaruh dibandingkan hanya sekedar menghindari makanan tersebut diatas, olahraga teratur juga sangat diperlukan untuk memperlancar peredaran darah dan menguatkan jantung kita.
Cara Mencegah Penyakit Asam Urat
Setelah anda mengetahui apa saja makanan pantangan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Akan lebih baik jika anda mencegahnya sebelum terjangkit penyakit asam urat, hal ini perlu diperhatikan terutama bagi anda yang masih muda atau belum pernah menderita penyakit ini. Berikut beberapa cara mencegah penyakit asam urat yang bisa anda lakukan.
Cara Mencegah Penyakit Asam Urat

·         Hindari Makanan yang Kaya Purin
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makanan diatas merupakan jenis makanan yang kaya akan kandungan purin. Untuk mencegah penyakit asam urat, pastikan anda tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki tingkat purin yang tinggi. Anda bisa mencobanya dengan makanan yang rendah purin atau memiliki kadar purin yang sedang-sedang saja. Cara mencegah penyakit asam urat ini cukup efektif untuk dilakukan.

·         Perbanyak Minum Air Putih
Meminum air yang mengandung ion dan mineral tinggi sangat baik untuk kesehatan dan sistem imun kita. Pastikan anda meminum air  putih 8 hingga 12 gelas per hari untuk mencegah penyakit asam urat menyerang tubuh anda. Selain itu, kurangi konsumsi air yang mengandung alkalin dan jangan minum air yang mengandung baking soda karena banyak mengandung garam.
Cara Mencegah Penyakit Asam Urat Minum Air Putih


·         Minum Susu dan Jus Jeruk
Beberapa riset yang dilakukan menunjukkan bahwa susu dapat menurunkan kadar asam urat yang ada di dalam tubuh. Bagi anda yang berpotensi terkena asam urat, risiko tersebut dapat anda minimalisir dengan mengkonsumsi segelas susu setiap hari.

Pasalnya segelas susu dapat menurunkan asam urat hingga 0,25 mg/dl. Selain susu, jus jeruk ternyata juga mampu menurunkan kandungan zat purin yang ada dalam tubuh yang menjadi penyebab asam urat. Walaupun keampuhannya masih lebih baik susu jika dibandingkan dengan jus jeruk, namun tidak ada salahnya dicoba.

·         Minum Kopi
Bagi para pecinta kopi, tentunya hal ini akan menjadi kabar gembira bagi anda semua. Mengapa tidak, ternyata minum kopi dapat menurunkan potensi asam urat dalam tubuh. Hal ini dibuktikan dengan beberapa penelitian bahwa kandungan kopi dapat menurunkan risiko terkena asam urat.

·         Mengkonsumsi Buah Ceri dan Strawberry
Cara mencegah asam urat yang lainnya adalah dengan rajin mengkonsumsi buah ceri dan juga strawberry. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau bisa dengan cara mengolahnya menjadi jus buah.

Kandungan zat dan senyawa yang ada pada buah ceri dan strawberry ternyata mampu untuk memerangi asam urat. Buah tersebut kaya akan antioksidan, tidak terlalu asam dan memiliki kandungan purin yang rendah.

·         Multivitamin
Asupan satu tablet multivitamin yang bisa anda konsumsi secara rutin setiap hari juga dapat membanru anda untuk membentengi diri agar tidak terserang penyakit asam urat. Untuk mencegah penyakit asam urat, pastikan anda mengkonsumsi multivitamin yang banyak mengandung mineral, kalsium, magnesium dan zinc. Multivitamin ini sangat baik dikonsumsi untuk menghindari penyakit asam urat, terutama bagi anda yang sudah berusia diatas 40 tahun.

·         Olahraga Teratur dan Pola Makan Bergizi Seimbang
Semua cara mencegah penyakit asam urat diatas tentunya akan sia-sia saja jika anda tidak melakukan olahraga secara teratur dan tidak menjaga pola makan dengan gizi yang seimbang.
Semoga pembahasan kita mengenai pantangan asam urat dan cara mencegah asam urat diatas dapat menjadi indikator kita dalam hal kesehatan jasmani. Semoga bermanfaat, terimakasih.

0 Response to "7 Makanan Pantangan Penderita Asam Urat Wajib Dihindari dan Cara Mencegahnya"

Posting Komentar

Kirimkan komentar Anda tentang artikel diatas.
Peringatan : Maaf, Komentar yang semata-mata dibuat hanya bertujuan untuk promosi dll akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel